Tuesday, September 12, 2006

Lagi Mood Nulis

Lagi mood untuk nulis maka hari ini dapat aku selesaikan sebuah tulisan tentang ramadhan hanya dalam waktu singkat. Ya sebenarnya itu adalah bagian dari penyerapan, perenungan dan apresiasi tentang suatu tema, tentang paragraf yang semakin lama semakin membesar, mengembang dan harus diurai kembali melalui sebuah tulisan. Ketika itu sudah dapat diselesaikan maka ada rasa kepuasan yang menyelimuti sekujur diri seperti baru menjalani hari baru nan segar. Itu pula sebabnya kadang aku tidak ingin menulis apa-apa karena tidak ada yang mood di hati dan rasio ini, namun adakalanya menemukan tema yang pas dan mampu merangkai sketsa-sketsa yang lama terekam di rasa dan rasio ini.
Sketsa dan potongan paragraf banyak tersimpan di memori rasa dan rasio namun potongan cerita dan kisah itu masih mengendap di hati dan biasanya menjadi gairah yang membuncah manakala "bertemu" dengan lanjutan ceritanya sehingga menjadi beberapa paragraf yang membentuk cerita dan tema komprehensif. Kalau itu cerita hati, cerita rasa, cerita nurani, duh banyak sekali potongan cerita yang mampu diceritakan sebagai sebuah paragraf namun belum selesai secara kisah.
Apakah itu cerita tentang seikat kembang
Apakah itu cerita tentang sekuntum bunga
Apakah itu cerita tentang haru biru
Apakah itu cerita tentang kehijauan pegunungan
Apakah itu cerita tentang doa dan harapan
Apakah itu cerita tentang aqidah istiqomah
Apakah itu cerita tentang samudera luas
(Ketika langit menceritakan tentang warna biru, sesungguhnya langit bukanlah berwarna biru, karena itu adalah batas pandang indra mata, hanya kita yang mengatakan biru karena biru adalah jawaban batas pandang).
******

No comments: