Monday, October 02, 2006

Merah - Biru


Haruskah Ahad tanpa aktivitas
Ya enggaklah yau
Maka
Kurapikan taman bunga
Maka
Kuresikkan debu mobil
Maka
Kubersihkan yang masih kotor
Maka
Berkeringatlah aku
Maka
Bergegaslah aku
Menyiram diri dengan air
Maka
berpergianlah aku
Menuju tempat rutinitas
Maka
Kubukalah modul-modul itu
Dan menyimaknya sampai bosan
Maka jadi imamlah aku
Pada Tarawih yang berkeringat
Maka
Tertidurlah aku
Setelah menyelesaikan 1 juz
Subhanallah

******

Yang tersisa sepanjang Sabtu adalah berupaya menenangkan gejolak
Yang tersisa sepanjang Sabtu adalah berupaya meredakan gemuruh
Yang tersisa sepanjang Sabtu adalah berupaya meredam gelora
Yang tersisa sepanjang Sabtu adalah berupaya merapikan nada

Bukankah itu perjuangan
Bukankah itu pertarungan
Bukankah itu persalinan
Tuk menukar warna menjadi lebih bening
Tuk menukar warna menjadi lebih putih

Kadang cobaan datang manakala kita berupaya tuk berdamai
Dan memastikan meredakan ruang rasa yang meluap
Kadang prahara datang tanpa persetujuan rasa
Dan menjadi soal yang harus diselesaikan

Puasa ini adalah ruang itu
Dan mengembalikannya dengan baju yang bernama sabar


*****

No comments: