Monday, March 20, 2006

Once Again, Pocari Sweat

Surprise banget permainan marketing Pocari Sweat ketika tampil dalam Extravaganza Trans TV Sabtu Malam tanggal 04 Pebruari 2006. Dalam sketsa cerita yang tidak begitu jelas maunya tiba-tiba ada dialog begini, “Minum air putih saja tidak cukup”, kata papa Pinokio (diperankan oleh Ronal) kepada anaknya Pinokio di tempat tidur. Lalu ia mengeluarkan minuman kaleng tersebut ke (Aming) Pinokio secara perlahan, dan kamera close up menangkap merk Pocari Sweat, minuman isotonik yang makin digemari itu. Penonton dan pemirsa surprise disuguhkan adegan entertainment marketing berbaju lawak.

Luar biasa cara marketing seperti itu. Bayangkan, berpuluh juta pemirsa TV di acara prime time paling digemari itu (rating Number One) menyaksikan Pocari Sweat melakukan counter attack dan solo run marketing ketika orang belum sempat memikirkan. Boleh juga kita sebut Pocari Sweat telah melakukan salah satu “cara pandang” BOS (Blue Ocean Strategy). Dia melakukan unjukrasa iklan tanpa sempat dipikirkan oleh penonton, pesaing dan another bisnis corporate. Dan satu catatan lagi : Extravaganza tidak pernah menjalankan cerita lucunya dengan cara sisip iklan.

Jadi, ada dua “kemenangan” Pocari Sweat disini yaitu : surprise, semua orang melongo, dan pesaing terkesima. Data entertainment marketing Pocari Sweat Extravaganza menunjukkan kolaborasi ciamik sambil meninggalkan pesan : KITA LAKUKAN KETIKA ORANG LAIN BELUM SEMPAT MEMIKIRKAN. Nah, jika kemudian ada promosi lain meniru cara surprise ini dipastikan tidak ada greget lain dan ingat : Blue Ocean Strategy bukan meniru, tetapi menciptakan.

Pocari telah melakukan “langkah berikutnya” yang sukses dalam inovasi marketing setelah sebelumnya mampu menundukkan persepsi konsumen melalui SPG di pusat-pusat perbelanjaan nasional.

Jagarin Pane
Semarang

No comments: