Tuesday, December 12, 2006

Terpesona

Traveling hari ini sangat menyenangkan apalagi aku terbebas dari urusan yang namanya driver, sehingga bebas aja mandangin pesona, mandangin pemandangan, terpesona nian. Betapa tidak, jalur yang dilewati adalah sebagian Pantura kemudian belok kiri dan dimulailah pesona-pesona yang membuat aku terkagum sekaligus terkesima.
Jalan mulai menaik, tikungan tajam, serba hijau, sawah berbaris membentang, berderet, bahkan bertingkat. Tanaman holtikultura menyebar merata, kehidupan masyarakat khas desa yang religi, sepanjang jalan di pinggang barisan pegunungan itu, kaum hawanya hampir semuanya memakai baju kerudung, khas muslimah. Masjidnya bagus, indah dan tertata nilai artistiknya, kehidupan warganya terkesan makmur, dan tentu saja sehat bugar dengan alam hijau penghasil oksigen yang segardan melimpah.
Lebih dari itu, barisan pohon pinus dan tanaman khas pegunungan menghias seakan memberi senyum padaku dan mengatakan : selamat datang di lingkungan segar tanpa polusi. Ya, benar-benar segar, sepanjang mata memandang, kehijauan, suhu udara yang adem, hembusan angin semilir membuat pandang mata dan celah hati menjadi bugar, bersinar dan bersenandung, betapa alam nan ramah memberikan semua secara gratis kepada kita.
Betapa naturalisnya dikau
Betapa indahnya pandang yang kau berikan
Betapa teduhnya sinar yang kau siramkan
Betapa dinginnya sentuhan yang kau berikan
Aku suka dengan bentanganmu
Aku suka dengan lukisanmu
Aku suka dengan kesegaranmu
Aku suka dengan kedamaianmu
Aku suka dengan kebeninganmu
Aku suka dengan keteduhanmu
*****

No comments: