Monday, February 05, 2007

Ketika Jadi Benci

Sampaikan pada sejumlah pohon, sampaikan pada segumpal awan, sampaikan pada segulung ombak, katakan pada bintang, katakan pada matahari, katakan pada bulan, katakan pada semuanya, toh tidak akan memberikan perubahan pada nadi hati untuk membungkus benci dan menendangnya ke comberan butek. Biarkan saja angin mau mengatakan apa, biarkan saja air mau menyampaikan apa, biarkan saja deru mau menderukan siapa, tidak ada yang dapat memperjelas keteguhan hati ini kecuali bermonolog pada diri sendiri.
Tidak ada lagi yang harus diungkap, tidak ada lagi yang harus diceritakan. Pertemanan itu tidak bisa dipatahkan oleh teriakan, pertemanan itu tidak bisa dianulir oleh umpatan, pertemanan itu tidak bisa dirubuhkan oleh cemooh, pertemanan itu tidak bisa disekat oleh fitnah. Biarkan aku dengan caraku, biarkan aku dengan langkahku, biarkan aku dengan isian hari dan mengisinya dengan puisi yang menyenangkan hati, yang membungakan rasa, yang membuncahkan nada.

Puisi hatiku adalah senandung yang senantiasa menyanjung keindahan, kecantikan, kerupawanan, kenyamanan, keteduhan, kelembutan, dan senantiasa pula kubingkai bersama voice of my heart, sejak dulu, ya sejak dulu. Maka ketika ada gemuruh yang melontarkan deru, maka ketika ada teriak yang melontarkan riak, biarkan saja, sekali lagi biarkan saja.
Jalan hatiku adalah meyakini apa yang kunikmati, menikmati hari dengan nadi hati termasuk ketika jadi benci sekalipun. Ketika jadi benci, hati tersiram cuka, rasa menjadi perih, kujalani saja, kuarungi saja bersama matahariku, bersama matahatiku. Kunikmati benci menjadi adonan cuka dan menikmatinya dengan duka hati. Bukankah itu juga puisi hati.
***
(Ikut bersedih atas musibah kecelakaan itu ya, semoga tabah dan tetap menyanjung kesabaran).
(Ikut berduka cita, selamat jalan sobat, innalillahi wa inna ilahi rojiun, semoga jalan bening mewarnai langkahmu di kekekalan nan abadi. Aku benar-benar kehilangan sosok fren yang penuh bersahabat, sejak dulu, sejak kita sama-sama bertetangga).

No comments: