Sunday, February 25, 2007

Seru, Konsentrasi

Ahad Seru

Bagaimana gak seru, ketika didiskusikan dan dimusyawarahkan ada seorang yang merasa menjadi pahlawan kesiangan dan menyatakan keputusan yang sudah dimusyawarahkan beberapa waktu yang lalu dianggap tidak sah karena ini karena itu. Terpaksa aku berdebat hangat dan menyatakan bahwa sejatinya mengurus takmir itu harus didasari dengan semangat Lillahi Taala. Nyatanya dalam praktek selama ini orang itu merasa sebagai "pemilik" sehingga yang lain dianggap penumpang atau belum mampu mengurus.

Akhirnya banyak warga yang ikut berdiskusi menyerang balik orang itu, bahwa selayaknya yang ada di lingkungan yang menjadi barometer manajemen, bukan orang luar. Apalagi setelah diketahui konten ceritanya, tak lain adalah wewenangnya yang dicukur dan dialihkan ke warga yang mampu mengelolanya. Jadi, kelihatan belang yang sebenarnya dan menjadi bahan cerita yang tak habisnya. Dan aku katakan pada yang hadir bahwa kita harus tetap fight dan konsisten mengurus rumah ibadah ini karena kita bertanggung jawab terhadap eksistensinya.

(Bersih-bersih di Ahad pagi bersama warga, berbagi cerita, berbagi canda dan dengan semangat kebersamaan itu aku berupaya menjelaskan beberapa program yang akan dilaksanakan. Dengan semnagat itu pula mereka menyetujuinya. Sambil bekerja bermusyawarah dan menjelaskan, ternyata lebih menyenangkan sembari minum teh hangat dan makan snack pemberian warga).
****

Sabtu Konsentrasi

Konsentrasi itu adalah menyeleksi bagian yang menjadi target selanjutnya, sebagai tahapan menuju penyelesaian akhir. Maka konteks dan kontennya kucoba cerna ketika memulai hari dengan menelusuri bagian materi yang menjadi bahasan dan penjelasan. Maka menjelang senja sudah dapat kugenggam judul yang menjadi bahasan dan penelitian, setidaknya menjadi cover yang dianjurkan, bahwa ada variabel independen, ada juga variabel dependen dan yang lainnya.

Untuk memahami itu, seharian aku berjuang menelaahnya dengan semangat konsentrasi. Ya, bagian hari ini adalah langkah awal menuju ke tahapan berikutnya, ke tahapan yang menjelaskan bukti fenomena dan menuangkannya pada paragraf ilmiah yang bermanfaat dan semoga aku mampu menjalaninya dengan semangat yang prima. Hari ini adalah awal langkah itu menuju bagian-bagian penting di hari berikutnya. Maka aku berupaya maksimal untuk menyelesaikannya.
****

No comments: