Sunday, July 29, 2007

Incognito

Taman bungaku tak terlihat indah, maka kurapikan dia, kurawat dia dan kumandikan dengan cahaya lantunan sembari membersihkan "daki" yang menempel di ruang wajahnya, menyiramnya dan mengelusnya dengan sentuhan halus serta mengharapkan keindahannya bersemi kembali.
Ya, menyemai dan membersihkan taman bungaku di Sabtu bening ini memberikan makna pada nilai kejernihan langkah, memberi kepuasan, dan tentu saja mengisi waktu dari rentang kejenuhan yang membentang diri.
Sebenarnya ingin menyelesaikan tahapan itu
Sebenarnya ingin menghabiskan bab awal itu
Sebenarnya ingin mengisi yang ditugaskan itu
Agar selesai pada waktunya
Agar purna menjelang purnama bulan
Namun
Improvisasi menatap taman bunga
Membuatku hanyut untuk bercengkerama bersamanya
Dan mengisi separuh hari untuk memeluknya
Ada rasa puas
Ada rasa senang
Walau bermandi keringat
(Dan lunch together pun begitu terasa dan menyantap dengan lahap di tengah keramaian sebuah resto cepat saji, duh nikmatnya dalam kebersamaan membagi hari).
*****
Kuselesaikan target di Jumat akhir pekan ini dan menjawab semua tahapan dengan keseriusan, membaca peta peran dan melahap ruang keseharian dengan menuntaskan untuk sebuah perencanaan yang sudah kusiapkan. Alhamdulillah selesai dengan senyum hati yang mengapplausnya.
Senang hati adalah nilai kepuasan itu
Senang hari adalah nilai langkah itu
Senang hati adalah nilai kesimpulan itu
Senang hari adalah nilai isian itu
(Begitupun tidak seharusnya menyatakannya pada sebutan melambungkan pesan hati, karena ruang itu hanya untuk nilai hati dan nilai hari).
****

No comments: