Sunday, July 08, 2007

Lima Hari Yang Menyenangkan

Sejumlah hari dirangkum dan dinyatakan dengan predikat sangat menyenangkan sehingga menjadi bagian yang mampu memperbaharui parfum hati. Betapa, menikmati suasana yang hijau segar, ada yang datang, sudah lama dinanti, ada yang membawa kabar, ada yang menceritakan, ada yang membanggakan, ada yang menghangatkan, sesungguhnya membagi hari adalah cerita yang mampu dirangkum dalam episode bilangan lima kali matahari terbit, memberikan cahaya hangat pada setiap senyum yang dilontarkan.

Menjelajah kota karena memang diinginkan oleh yang datang dari tanah seberang, menjelaskan, membandingkan dan menyatakan. Kemudian menjelajah traveling lingkaran utara selatan, kembali menjelaskan dan mendefinisikan, menyinggahi, mengunjungi dan menawarkan sebuah paket yang mampu dikecap bersama. Dan kita pun menyanyi bersama mendapatkan suasana kedekatan dan keakraban, sebuah nilai persaudaraan yang mampu dibangun dengan berbagai cerita.

Kugariskan saja nilai yang kudapat
Kucatat saja sebutan yang kuperoleh
Kutulis saja predikat yang kusandang
Kucoret saja angka yang kudekap

Mengganti suasana dengan cerita berlandas primordial karena yang berkunjung adalah sebuah nilai yang kunanti, kutunggu dan kuinginkan. Maka matahari pun kusambut dengan nyanyian, untuk memastikan bahwa lima hari ini adalah cerita berbungkus pita biru yang disandingkan dengan souvenir rasa kangen, rasa hangat dan menyatukannya dengan senyum mengembang. Sungguh menjadi catatan garis tebal manakala bagian paragraf yang digaris menjadi senandung lepas yang menyatakan betapa sesungguhnya melayani dan memberikan sesuatu adalah nilai dari catatan sepanjang hari. Aku menjalani itu dan mencoba memahaminya sebagai bagian dari pembelajaran hakekat keniscayaan.
*****

No comments: