Saturday, January 20, 2007

Sudut Pandang

Menyikapi sudut pandang adalah menelaah pada tingkat arus yang manakah titik sapuan yang mampu menggerus tekanan sikap yang dikedepankan. Sebuah pernyataan adalah bagian dari sikap pandang, dan ketika ada yang terdengar pada sebuah catatan sudut pandang, olahan yang diaduk dan dicampur adalah menyeduhnya dengan air panas dan menyeruputnya dengan semangat "yakinkan diri" bahwa apa pun itu, tidaklah mampu menggoyahkan ketegaran yang sudah dibangun sejak bait awal cerita.
Oleh karenanya, sekuat apa bunyi yang mau disuarakan, silakan saja, apakah mau pakai alunan rock atau jazz, atau duet atau trio, silakan saja. Aku akan tetap menyeruputnya sembari mengatakan: based on apapun tetaplah tak mampu menggoyahkan kadar rasa yang kumiliki. Aku adalah sebuah rasa, aku adalah sebuah nada, aku adalah sebuah melodi, aku adalah sebuah catatan, aku adalah sebuah bait, aku adalah sebuah alinea. Aku akan terus menorehkan cerita pelangi karena itu adalah bagian dari kisah sketsa yang menjadi garis rasa dan rasio.
*****

No comments: