Thursday, April 05, 2007

Anak Kos

Cerita tentang anak kos selalu yang lucu dan greget. Di lantai atas dan belakang rumah, ada hiruk pikuk canda mereka yang pake gen X itu. Jadi selalu ada yang menjadi highlight berita hari atau penyegar isyu tentang apa saja. Kali ini kombinasi mahasiswi dan karyawati menjadi 65:35 berbeda dengan ketika masih didominasi karyawati, lebih mudah diatur, sopan santun jadi menu utama. Nah karena peran mahasiswi itu terkadang ada kisah-kisah lucu dan sekaligus konyol, misalnya suka nangis sendiri ketika ada masalah dengan teman prianya, atau tiba-tiba dua pacar sekaligus ketemu pada sebuah saat di teras, atau kalau ke kamar mandi pakaiannya kurang "terjaga".
Aku kadang tersenyum sendiri melihat lakon itu, tetapi secara keseluruhan mereka orang baik, terarah dan terukur, gaul disamping tentu saja cantik dan manis. Dan aku selalu mampu membuka komunikasi dengan bahasa mereka yang manja dan bisa diajak guyon. Ada kedekatan personal, ada kedekatan informal, hampir tak ada sekat batas sehingga suasana benar-benar menyenangkan. Mereka sendiri yang katakan "betah banget" tinggal di rumah.
Menciptakan bahasa informal, membangun komunikasi dan mencoba memahami eksistensi anak-anak kos itu setidaknya memberikan corak pada apa yang disebut fenomena keseharian, tidaklah selalu dimaknai bahwa kehidupan mereka melewati batas koridor, paling tidak aku menyaksikan sendiri, sehingga persepsi itu tidaklah untuk digeneralisir.
*****

No comments: