Saturday, April 28, 2007

Cara Pandang

Untuk dosen yang satu ini, aku suka banget dengannya, dengan caranya mengajar, dengan lagu tuturnya yang berwibawa dan memiliki daya karisma yang lumayan. Dia seorang Profesor dalam usia yang relatif muda dan kemampuannya menganalisis sebuah tema memiliki ketajaman dan olah pikir yang cemerlang.
Makanya aku tidak pernah melewatkan mata kuliahnya seperti Sabtu pagi ini, ingin mendengarnya mengupas, ingin mendengarnya menjelajah dan sekali waktu kukomentari dengan argumen yang berbeda. Kali ini aku mampu menjawab dan menambahkan argumen yang dijelaskannya, dengan baik pula, tentang manajemen Jepang, kucoba membacanya dari sudut pandang aku, kujelaskan, historisnya, spiritnya, kebersamaannya dan beliau menyetujui cara pandangku.

Kuliah pada dasarnya adalah menambah cara pandang, mengolahnya menjadi diskusi, berbagi pendapat dan sekaligus juga menguji daya serap yang sudah dijelaskan. So bagiku ini menjadi penting ketika olah pikir di daur ulang menjadi sebuah catatan nilai dan sekaligus menjadi barometer yang mampu menjelaskan di titik mana aku berada.

Maka kuniatkan selalu setiap akhir pekan dengan mengisi hari membaca halaman, berbicara seobyektif dan seilmiah mungkin dan mentransformasikannya dengan jalinan pertemanan, guyon bersama, saling meledek dan sekali waktu serius menyelesaika tugas kelompok. Ya kunikmati dengan sepenuh hati menjalankan irama waktu menambah daya analisis berbaju argumentasi.

Dan seperti biasa pula ketika sore menjelang, tambahan tugas sudah menanti untuk diselesaikan dengan tenggang waktu next week, ada lagi sarapan tambahan, begitu memang metode pembelajaran akhir pekan, terkadang capek dengan tugas, namun juga menyenangkan ketika mampu diselesaikan.

(Thanks to Dn, percakapan denganmu sungguh menyenangkan setidaknya mengobati rasa dan ronaku yang kurang bening. Ada cerita tentang aneka warna yang memberikan nilai personifikasi pada jelajah yang diputarkan melalui obrolan lepas).


No comments: