Wednesday, April 04, 2007

Jalan Kehijauan

Ada juga rasa jenuh manakala kunjungan ke sebuah tempat berulang seperti siang ini ketika ada kesepakatan untuk lunch bareng dengan rekan. Yang dikunjungi ya itu-itu juga maka tidak ada greget yang menjadi catatan improvisasi. Hanya karena ini sudah jadi kesepakatan, aku ikuti aja. Yang ingin kunikmati adalah perjalanan menuju titik tujuan, walau gak lama namun mampu memberikan sentuhan keindahan alam yang menawan, aku suka dengan suasana seperti itu, memandang kesegaran, menghapus kesumpekan dan memperluas cakrawala "kedewasaan peran".
Di titik itu aku lebih suka membaca sembari mencoba memahami apa kira-kira yang menjadi prediksi kedepan, tentang tema yang harus kubuat, tentang judul yang harus kucipta. Aku ingin mengisi waktu senggang dengan mengimprovisasi seluruh kemampuanku untuk mempublikasikannya, untuk menyebarkannya. Aku ingin lebih dari sekedar internal, aku ingin melewati batas itu, aku ingin menyeberanginya. Aku sedang mencobanya. Maka aku lebih banyak diam.
Di titik sebuah perumpamaan
Ada hasrat untuk menyeberanginya
Ada nuansa untuk mengukirnya
Ada sinar untuk menghangatkannya
Aku coba untuk membuka
Aku coba untuk memulainya
Aku coba untuk menjalaninya.
Selamat malam anggrek bulan
Keharumanmu adalah perumpamaan itu
*****

No comments: